Jumat, 30 Januari 2009

Waspada Rokok Bagi Kaum Perempuan !!!

. Jumat, 30 Januari 2009

Hehehe lagi - lagi penulis nih membagikan info tentang bahayanya merokok tp bukan secara umum melainkan khusus bagi kaum hawa atau wanita - wanita.
Loh apa bedanya sih yang umum dan yang wanita ?? ya beda donk..mau tau bedanya ?? yuk kita baca artikel dibawah ini ..so stay tune terus ya

masi inget kan tentang bahaya nya merokok ?? kalo tidak inget bisa dilihat disini.
nah kalo dah liat disitu pasti dah inget donk bahaya merokok tp bedanya ini adalah bahaya merokok bagi kaum perempuan.
Tau donk tamu bulanan kaum wanita yang kita sebut menstruasi atau haid. Nah biasanya kan menjelang menstruasi para wanita suka mengalami yang disebut PMS tp bukan penyakit menular sexual loh melainkan Pra Menstruation Syndrome. Gejala yang biasa dialami yaitu pusing , nyeri punggung dan dada serta tambahan munculnya jerawat.
Yang kadang bikin kita kesel terhadap kaum wanita disaat PMS nya karena PMS ini rupanya juga mempengaruhi emosional perempuan yang mengakibatkan mereka menjadi lebih sensitif.

Nah ternyata kalo kaum perempuan merokok bisa mengakibatkan gangguan diatas semakin parah loh. Hal ini dibuktikan dengan penelitian oleh Dr. Elizabeth R. Bertone-Johnson, dari universitas Massachusetts.

Penelitian itu sendiri dilakukan di Amerika dan sudah dimulai pada tahun 1989 (wah baru lahir nieh saya). Siapakah yang menjadi obyek penelitian ?? tak lain tak bukan rupanya 116.678 siswi sekolah keperawatan.

Dalam 2 tahun, para siswi yang merokok memiliki gangguan PMS 2x lebih banyak dibandingkan dengan siswi yang tidak merokok. Sedangkan bagi mereka yang telah merokok sejak berumur kurang dari 15 tahun memiliki resiko PMS yang lebih parah yaitu mengalami 2,5x dari PMS normal atau dari siswi yang tidak merokok.

Kebiasaan merokok memang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon seperti estrogen, progesteron, testosteron. Tentunya hormon tadi juga mempengaruhi siklus menstruasi/haid.
Jadi merokok dapat mempengaruhi siklus menstruasi secara langsung.

Rupanya merokok juga mengurangi kadar vitamin D dalam tubuh yang berdampak bisa selalu hadirnya gejala PMS setiap bulan. Biasanya wanita perokok mempunyai siklus haid/menstruasi yang lebih pendek dibandingkan dengan yang tidak merokok. Hal inilah yang berdampak langsung pada tingkat kesuburan seorang perempuan.

So uda tau kan bahayanya merokok apalagi khusus buat kaum wanita..bahaya banget kan..penulis cuma mengingatkan kalo merokok itu tidak baik apalagi bagi kaum wanita..
nah kalo uda tau bahayanya kenapa masi merokok ?? ambil tindakan untuk mulai berhenti merokok hari ini..ok ok ??

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Who's Online

Contact Me

Ikutan Blog Saya

My Blog My Spirit is proudly powered by Blogger.com | Template by My Blog My Spirit