Rabu, 04 Februari 2009

Faktor Orang Tionghoa Banyak Menjadi Orang Kaya ??

. Rabu, 04 Februari 2009

wah wah..maksud penulis menulis judul diatas bukan karena rasis loh (karna kebetulan saya keturunan tionghoa) saya ga suka itu rasis - rasis ataupun menilai berdasar SARA...
postingan ini lebih dimaksudkan untuk saling sharing karena banyak anggapan bahwa orang keturunan tionghoa itu kaya / sukses tapi bukan berarti bahwa orang non chinese tidak banyak yang sukses..sekali lagi saya tekankan bahwa postingan ini hanya untuk sharing dan mungkin layak menjadi motivasi bagi anda yang ingin sukses.
jadi apa sih sebenarnya faktor - faktor tersebut ?? mau tau ?? penasaran?? stay tune makanya disini..

langsung aja ya penulis akan menceritakan beberapa faktor kenapa orang tionghoa itu banyak yang menjadi orang kaya ataupun orang sukses..

1. Orang Tionghoa memiliki pegangan bahwa orang sukses adalah orang yang memanfaatkan setiap menit yang ada

2. Orang Tionghoa memandang bahwa banyak berinvestasi adalah perjalanan dasar untuk menggapai kekayaan, sedangkan bunga tabungan takkan sanggup membawa ke kepada kekayaan.

3. Sebagian besar orang kaya adalah pengusaha, dan sebagian orang Tinghoa berani menjadi pengusaha, dan semua itu karena orang Tionghoa menganggap bahwa dengan menjadi pengusaha maka akan memberikan nilai lebih untuk sukses dibandingkan menjadi karyawan.

4. Anak-anak Tionghoa menjadi kaya karena mewarisi bisnis orang tua yang telah berjalan bertahun-tahun dan tak perlu merintis dari nol.

5. Pengusaha Tionghoa ‘tak pernah puas’ untuk mengejar target lebih tinggi

6. Orang Tionghoa memiliki mental yang positif, menghargai waktu, menganggap bahwa bekerja adalah kepuasan dan tidak berbisnis adalah hal yang beresiko

7. Orang Tionghoa selalu menjaga citra, karena citra yang rusak akan sulit dibangun kembali, sedangkan uang yang hilang bisa dicari kembali

8. Orang Tionghoa bisa kaya bukan karena banyak uang, namun lebih kepada memiliki banyak aset.

9. Dalam konteks orang Tionghoa, bekerja keras tidak selalu identik dengan bekerja fisik ekstra lama atau berlebihan. Yang bisa bekerja adalah manusia dan uang. JIka hasilnya sama, mengapa bukan uang yang harus bekerja keras. Tampak jelas bahwa filosofi dan trik orang Tionghoa untuk mencapai kekayaan sangatlah sederhana.

Ternyata 9 hal diataslah yang menjadi faktor dari kesuksesan orang tionghoa..tapi jujur sebagai orang tionghoa pun saya menyadari ada beberapa kekurangan dalam faktor tersebut.

kita sebut saja faktor nomor 4 yaitu mewarisi bisnis dari orang tua..kalo menurut penulis sendiri hal ini akan berakibat kurangnya pengalaman dan resiko kegagalan dalam usaha..well tapi patut diakui bahwa memang itulah yang terjadi dari zaman dulu hingga zaman sekarang...

Sekali lagi penulis menegaskan bahwa tidak ada maksud membawa SARA dalam postingan ini karena ini hanya digunakan untuk saling sharing dan memotivasi teman - teman untuk terus giat bekerja agar bisa sukses..

Dikutip dari buku “Resep Kaya Ala Orang Cina”
Penulis : Eka Dharma Pranoto


'


2 comments:

Irpan Paizal mengatakan...

Semua orang berhak kaya,jika mau kaya,saya bukan orang tionghoa,tapi saya salut dengan orang tionghoa.jika itu baik dari siapapun dan orang manapun ga ada salahnya untuk mencontoh!!

Tonny mengatakan...

saya stubuh...eh stuju..yang jelas bukan masalah tionghoa ato ga nya tp tergantugn kemauan aja sih

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Who's Online

Contact Me

Ikutan Blog Saya

My Blog My Spirit is proudly powered by Blogger.com | Template by My Blog My Spirit